Tuesday 29th of November 2022 07:34:44 AM
Cover Berita

Pelatihan Karakterisasi Morfologi Bakteri dan Fungi Sebagai Pengayaan Praktikum Biologi Bagi Guru dan Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Palangka Raya

Dosen-dosen Program Studi Biologi FMIPA UPR memberikan pelatihan bagi guru-guru SMA di Kota Palangka Raya, Selasa (11/1). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Gedung Pusat Pengembangan IPTEK dan Inovasi Gambut (PPIIG) Universitas Palangka Raya.

 

Acara ini bertajuk Pelatihan Karakterisasi Morfologi Bakteri dan Fungi Sebagai Pengayaan Praktikum Biologi Bagi Guru dan Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Palangka Raya. Kegiatan dihadiri enam orang guru-guru sebagai perwakilan dari SMA/MA di Palangka Raya.

 

“Pelatihan ini dilatarbelakangi kegelisahan kami terhadap kurangnya keterampilan mahasiswa tahun pertama Biologi, yang berarti baru saja lulus SMA, dalam mengkarakterisasi dan mendeskripsikan ciri makhluk hidup termasuk bakteri dan jamur,“ ujar Desimaria Panjaitan, ketua Kegiatan Pelatihan sekaligus pemateri tentang karakterisasi jamur.

 

Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, kita dapat bersama-sama membangun sumber daya manusia khususnya di Kalimantan ini , ujar Vinsen Willi Wardhana, Ketua Prodi Biologi FMIPA UPR.

 

Peserta pelatihan, para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan baik teori maupun praktek. Esron Manurung seorang peserta mengatakan selama ini belum pernah melakukan praktikum

karakterisasi bakteri. Hal ini merupakan tambahan ilmu yang baru bagi.

 

”Dari pelatihan ini kami mengetahui, ternyata praktikum ini mudah saja untuk dilakukan di SMA asal ada kemauan dan Kerjasama oleh para para guru,“ ungkap Esron Manurung yang merupakan Ketua MGMP Biologi SMA/MA se-Kota Palangka Raya.

 

Dia berharap semoga kegiatan tidak hanya berakhir di sini dan ada kegiatan-kegiatan lain di kemudian hari sehingga menambah wawasan Biologi guru-guru SMA dan MA di Palangka Raya.

 

Pelatihan ini didukung oleh DIPA FMIPA UPR. Sejumlah dosen Prodi Biologi FMIPA UPR turut terlibat yaitu Frans Grovy Naibaho sebagai pemateri karakterisasi Bakteri, Faridah Tsuraya, Rizko Hadi, dan sejumlah mahasiswa.

 

Sumber : Koran Kalteng Pos Edisi 13 Oktober 2022 (Halaman 4)

 

 PG