Saturday 22nd of June 2024 03:32:02 PM
Cover Berita

Pelatihan Oshibana

Program Studi Biologi melaksanakan kegiatan Pelatihan Oshibana bagi mahasiswa pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 23 dan 24 September 2023. Pelatihan Oshibana ini dilakukan secara luring dimulai dengan  penyampaian teori pada hari pertama dan dilanjutkan dengan pelaksanaan praktik pada hari  kedua yang diikuti oleh 48 peserta.

Nama ”Oshibana”. “Oshi” berarti ditekan dan “bana” berarti bunga. Istilah oshibana dalam bahasa Inggris, disebut dengan the art of pressed flower, yang berarti bunga press atau bunga tekan. Oshibana berasal dari Jepang dan sudah dikenal sekitar abad ke-16. Oshibana terbentuk dari keinginan masyarakat Jepang untuk mengabadikan keindahan bunga sakura supaya tetap dapat menikmati keindahan bunganya diluar musim semi. Oleh sebab itu, mereka mengeringkan dan menyimpan bunganya, dan mengaplikasikan dalam berbagai bentuk rangkayan yang indah. Teknik yang digunkan untuk mengeringkan yaitu system press (tekan), yaitu bunganya ditekan supaya kering. Proses ini menghasilkan awetan lembaran Bungan Bunga kering yang tipis dan dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Oshibanan sangat mirip dengan pembutan awetan untuk herbarium. Namun, perbendaanya adalah oshibana dibuat untuk tujuan seni. Pelatihan oshibana, akan menambah pengetahuan dan keterambilan mahasiswa dalam preservasi jaringan tumbuhan yang memiliki nilai seni. Diharapkan kegitan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa umtuk membuat sesautu produk kreatif bernilai seni dan yang memiliki nilai ekonomis. Oleh sebab itu, mungkin dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk berwirausaha berbasis biologi.

1 2

3