Tuesday 29th of November 2022 09:04:29 AM
Cover Berita

Rayakan Dies Natalis ke-5, Prodi Biologi FMIPA UPR Adakan Olimpiade Biologi untuk SMA Se-Kota Palangka Raya

Prodi Biologi FMIPA Universitas Palangka Raya mengadakan olimpiade Biologi bagi siswa sekolah menengah atas dan sederajat se-Kota Palangka Raya pada hari Sabtu, 12 November 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Pusat Pengembangan IPTEK dan Inovasi Gambut (PPIIG) Universitas Palangka Raya.

Olimpiade Biologi ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara Dies Natalis ke-5 Prodi Biologi FMIPA UPR. Kegiatan ini diikuti oleh empat belas SMA/MA sederajat se-Kota Palangka Raya, dengan jumlah peserta mencapai 101 siswa. Selain Olimpiade, pada waktu bersamaan dilaksanakan pula penilaian lomba essay Biologi yang diikuti oleh 27 peserta, sehingga secara keseluruhan kedua lomba ini diikuti sebanyak 128 siswa. "Peserta adalah siswa-siswi terpilih yang mewakili sekolah masing-masing," ujar Decenly, dosen penanggung jawab kegiatan. “Melalui lomba ini, siswa-siswi dapat menunjukkan prestasi terbaik, menjadi kebanggaan bagi orang tua dan guru, serta menjadi bintang sekolah,” ringkasnya.

Dies Natalis Prodi Biologi sendiri jatuh pada tanggal 9 November lalu. "Program Studi Biologi FMIPA Universitas Palangka Raya memiliki visi menjadi program studi yang unggul dan berdaya saing dalam bidang pelestarian biodiversitas lahan gambut tropika, daerah aliran sungai, dan kearifan lokal ditingkat Internasional pada tahun 2032, " ungkap Vinsen Willi Wardhana, ketua Prodi Biologi FMIPA UPR. “Sehingga merupakan salah satu tugas kami untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang unggul dan mampu mengelola sumber daya alam di Kalimantan Tengah, khususnya gambut,” pungkasnya.

Peserta Olimpiade Biologi sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Realita Luchiana Cristine dari SMA Nusantara Palangka Raya berterima kasih atas dilaksanakannya Olimpiade ini dan berharap, "Semoga kegiatan ini menjadi pengalaman yang berarti bagi setiap peserta untuk dapat mengikuti kegiatan-kegiatan lain di masa depan."

Pengumuman pemenang Olimpiade dan lomba Essay Biologi akan disampaikan pada tanggal 22 November 2022. Penyerahan hadiah dan piala akan dilaksanakan bersamaan dengan acara puncak Dies Natalis Prodi Biologi FMIPA UPR pada tanggal 26 November 2022.

 

 qqq