Saturday 22nd of June 2024 05:17:20 PM
Cover Berita

Prodi Biologi FMIPA UPR Berkolaborasi dengan STIFERA

Semarang, 21 Maret 2023. Dosen prodi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Palangka Raya, Bapak Yahya Febrianto,S.Farm,M.Farm diundang sebagai narasumber Kuliah  Tamu di Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera ( STIFERA) Semarang dengan tema ‘Teknologi Nutrasetikal Herbal’ , dalam kesempatan ini peserta kuliah tamu di hadiri 86 mahasiswa D3 dan S1 Farmasi semester 4 dan 6  STIFERA dengan di bagi 2 sesi bertempat di AULA STIFERA.

a

Gambar 1. Sesi kedua Kuliah Tamu mahasiswa D-III Farmasi

 

Meteri yang di sampaikan terkait potensi Bahan herbal untuk dimanfaatkan menjadi produk unggulan, bahkan dapat di lakukan inovasi menjadi produk Nutrasetikal, sehingga memudahkan dan memberikan kenyamanan dalam penggunaan, Nutrasetikal sendiri memiliki pengertian segala macam bentuk makanan dan minuman yang mempunyai efek bagi kesehatan yang digunakan untuk tujuan preventif dan juga membantu penyembuhan berbagai penyakit. Pokok bahasan dalam Kuliah Tamu yaitu bagaiamana mahasiswa dapat melakukan monitoring tumbuhan herbal yang berpotensi sebagai pencegahan,pengobatan dan pemberian nutrisi dengan melakukan preformulasi, di lanjutkan pembuatan produk dan evaluasinya.

s

Gambar 2. Foto Bersama Sesi Pertama , mahasiswa S-1 Farmasi

 

Beberapa produk Nutrasetikal yaitu pembuatan serbuk minuman, gummy candy, permen, mie sehat, penyedap rasa menjadi bahasan dalam sesi pertama dan kedua, kegiatan berlangsung hangat dengan metode ceramah dan tanya jawab.

sd

Gambar 3. Bapak Yahya Febrianto,M.Farm (Tengah), apt. Rizky Ardian Hartanto Sawal, S.Farm., M.Farm (Ketua STIFERA/Tengah).

 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan memberikan wawasan baru terkait inovasi produk Farmasi Nutrasetikal di mahasiswa, dan mendapatkan keterbaruan dalam mempersiapakan Tugas Akhir Mahasiswa atau Skripsi.

apt. Rizky Ardian Hartanto Sawal, S.Farm., M.Farm