Saturday 27th of April 2024 05:17:22 AM
Cover Berita

Sosialisasi Tugas Akhir Prodi Biologi FMIPA Universitas Palangka Raya

Sosialisasi Tugas Akhir yang dilaksanakan oleh Tim Komisi Tugas Akhir Prodi Biologi FMIPA Universitas Palangka Raya pada hari Jumat tanggal 10 Januari 2023. Adapun sosialisasi tersebut yaitu mengenai:

A. PENGAJUAN PEMBIMBING

  1. Mahasiswa dipersilahkan untuk mencari pembimbing sendiri dengan cara menemui dosen yang dikehendaki (pembimbing 1, dan pembimbing 2 berdasarkan rekomendasi pembimbing 1).
  2. Apabila mahasiswa tidak mendapat pembimbing, maka ketentuan untuk pembimbing ditetapkan oleh prodi (mahasiswa diminta untuk melapor ke prodi).
  3. Jika mahasiswa sudah mendapat persetujuan pembimbing, maka mahasiswa dapat mendownload formulir usulan judul dan dosen pembimbing skripsi, serta mengisi link pengajuan komisi pembimbing skripsi di web prodi

B. SEMINAR PROPOSAL

  1. Alur pendaftaran seminar proposal dapat dilihat di web prodi Biologi, mahasiswa mengisi formulir sesuai dengan persyaratan seminar proposal yang tertera di web.

          Adapun persyaratan untuk seminar proposal adalah sebagai berikut:

  • Surat Permohonan Pelaksanaan Seminar Proposal Penelitian (Format Nama File: Nama_NIM_Surat Pemohonan Pelaksanaan Seminar Proposal).
  • Naskah Proposal Penelitian (Format Nama File: Nama_NIM_Judul Proposal Penelitian).
  • Transkrip Nilai Sementara (Format Nama File: Nama_NIM_Transkrip Sementara).
  • KRS yang memprogramkan Skripsi (Format Nama File: Nama_NIM_KRS).
  • Kartu bimbingan proposal dengan dosen pembimbing (Format Nama File: Nama_NIM_Kartu Bimbingan).
  • Hasil Screenshot Data PDDIKTI (1. Biodata Mahasiswa; 2. Riwayat Status Kuliah; 3. Riwayat Studi) Mahasiswa/i Pendaftar (Format Nama File: NAMA_NIM_PDDIKTI).
  • Hasil Pengecekan Plagiarisme Naskah Proposal Penelitian.
  • Kartu Hadir Seminar Proposal (minimal telah mengikuti seminar proposal mahasiswa lain 10x).
  1. Mahasiswa yang berhak seminar adalah mahasiswa yang telah terdaftar selama 6 semester di Prodi Biologi dibuktikan dengan hasil screenshot data PDDIKTI.
  2. Mahasiswa yang berhak seminar adalah mahasiswa yang telah menghadiri minimal 10x seminar proposal teman atau kakak tingkatnya, dengan ketentuan (minimal 5 di prodi Biologi, 5 lagi diizinkan seminar proposal di prodi lain atau fakultas lain di lingkungan UPR).
  3. Pendaftaran seminar proposal paling lambat 1 minggu sebelum pelaksanaan seminar proposal (5 hari kerja).
  4. Mahasiswa yang berhak mendaftar seminar adalah mahasiswa yang draft proposal penelitiannya telah dicek tingkat similaritasnya melalui Tim KTA Prodi Biologi (
  5. Mahasiswa yang telah mendaftar di web prodi Biologi, berkewajiban menginformasikan ke Tim KTA untuk dapat ditindak lanjuti.
  6. Mahasiswa yang jadwal seminar proposalnya telah ditetapkan, berkewajiban menyampaikan undangan seminar proposal ke Penguji 1 dan 2 serta pembimbing 1 dan 2.

 C. SEMINAR HASIL

  1. Alur pendaftaran seminar hasil dapat dilihat di web prodi Biologi.
  2. Mahasiswa yang berhak seminar hasil adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan penelitian dan telah mengikuti minimal 10x seminar hasil teman atau kakak tingkatnya, dengan ketentuan (minimal 5 di prodi Biologi, 5 lagi diizinkan seminar proposal di prodi lain atau fakultas lain di lingkungan UPR).
  3. Pendaftaran seminar hasil paling lambat 1 minggu sebelum pelaksanaan seminar hasil (5 hari kerja).
  4. Mahasiswa yang telah mendaftar di web prodi Biologi, berkewajiban menginformasikan ke Tim KTA untuk dapat ditindak lanjuti.
  5. Mahasiswa yang jadwal seminar hasilnya telah ditetapkan, berkewajiban menyampaikan undangan seminar proposal ke Penguji 1 dan 2 serta pembimbing 1 dan 2.

 D. SKRIPSI/ SIDANG AKHIR

  1. Alur pendaftaran sidang akhir dapat dilihat di web prodi Biologi.
  2. Mahasiswa yang berhak sidang adalah mahasiswa yang telah melaksanakan seminar hasil dan telah menyelesaikan draft skripsinya.
  3. Pendaftaran sidang paling lambat 1 minggu sebelum pelaksanaan sidang (5 hari kerja).
  4. Mahasiswa yang berhak mendaftar sidang adalah mahasiswa yang draft skripsinya telah di cek tingkat similaritasnya melalui Tim KTA Prodi Biologi (
  5. Mahasiswa yang telah mendaftar di web prodi Biologi, berkewajiban menginformasikan ke Tim KTA untuk dapat ditindak lanjuti.
  6. Mahasiswa yang jadwal sidangnya telah ditetapkan, berkewajiban menyampaikan undangan seminar proposal ke Penguji 1 dan 2 serta pembimbing 1 dan 2.

E. PLAGIARISME (TURNITIN)

  1. Draft yang dicek tingkat similaritasnya adalah: proposal penelitian dan skripsi.
  2. Mahasiswa wajib cek plagiarisme melalui Tim KTA Prodi Biologi dengan mengupload di Google Form yang tersedia di web prodi.
  3. Pengecekan plagiarism dilakukan sebelum pendaftaran seminar proposal ataupun sidang skripsi.
  4. Tingkat similaritas adalah < 30>
  5. Mahasiswa yang telah mengupload draft proposal dan skripsinya di web prodi Biologi, berkewajiban menginformasikan ke Tim KTA untuk dapat ditindak lanjuti.

F. TAMBAHAN

  1. Mahasiswa berkewajiban membaca Pedoman Penulisan Skripsi dari Fakultas.
  2. Halaman pengesahan Proposal Penelitian dan draft Seminar Hasil hanya ditanda tangani oleh pembimbing 1 dan 2, serta kaprodi.
  3. Halaman pengesahan skripsi ditandatangani oleh dekan, kaprodi, pembimbing 1 dan 2 serta penguji 1 dan 2.

 

 a

 

c
d ws