Sunday 28th of April 2024 06:12:16 AM
Cover Berita

“Pelatihan Teknik Herbarium” dari Prodi Biologi FMIPA UPR untuk Guru-Guru Biologi se-Kota Palangka Raya

Prodi Biologi FMIPA UPR bekerja sama dengan MGMP Guru Biologi se-Kota Palangka Raya mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan mengangkat tema “Pelatihan Teknik Herbarium Untuk Guru Biologi Sekolah Menengah Atas di Kota Palangka Raya” pada hari Selasa tanggal 4 April 2023 bertempat di Ruang Teater Gedung Merah Putih A, Universitas Palangka Raya.

Pelatihan ini dihadiri oleh 11 peserta dari beberapa SMA/MA di antaranya adalah SMA Negeri 1 Palangka Raya, SMA Negeri 2 Palangka Raya, SMA Negeri 3 Palangka Raya, SMA Negeri 4 Palangka Raya, SMA Negeri 5 Palangka Raya, SMA Negeri 7 Palangka Raya, SMA PGRI 1 Palangka Raya, SMAK Santo Aloysius Palangka Raya, dan SLB Negeri 1 Palangka Raya. Panitia acara terdiri dari 12 dosen prodi Biologi FMIPA UPR dan 8 mahasiswa Biologi angkatan 2021-2019.

Acara terbagi menjadi beberapa kegiatan salah satunya adalah pemaparan materi tentang Teknik Herbarium yang disampaikan oleh Desimaria Panjaitan, S.Si., M.Si yang merupakan salah satu pengajar mata kuliah Teknik Herbarium di prodi Biologi FMIPA UPR. Materi berisi tentang pengertian herbarium itu sendiri, kegunaan herbarium dalam proses pengajaran, macam-macam herbarium dan teknik ataupun tatacara pembuatannya yang baik dan benar. Dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan herbarium yang dilakukan oleh Umi Novita Fitriah, S.Pd., M.Sc yang juga merupakan pengajar mata kuliah Teknik Herbarium di prodi Biologi FMIPA UPR.

a

Foto 1. Pemaparan Materi oleh Desimaria Panjaitan, S.Si., M.Si

Selanjutnya terdapat sesi praktik pembuatan herbarium yang dilakukan oleh para peserta yang terbagi menjadi 3 kelompok yang berisi 3-4 orang guru. Tiap kelompok didampingi oleh seorang dosen dan mahasiswa yang membantu dan mengarahkan proses pembuatan herbariumnya walaupun para guru ini sudah cukup paham tentang proses pembuatan herbarium tersebut. Setiap kelompok mendapatkan 5 sampel tanaman yaitu geronggang (Cratoxylon arborescens (Vahl.) Blume), rumput teki (Cyperus rotundus), thuja (Thuja sp.), paku (Davallia sp.) dan lumut (Leucobryum sp.).

b

Foto 2. Para Guru Biologi dan Herbarium Hasil Praktiknya

Pelatihan teknik herbarium ini diharapkan dapat membantu para guru untuk menambah bahan ajar yang dapat bermanfaat bagi siswa-siswa di sekolahnya masing-masing. Testimoni dari 2 orang guru yaitu Ibu Ika Saktila M. Odas, M.Pd dari SMA Negeri 5 Palangka Raya dan Bapak Eduardus Setno, S.Pd dari SMAK Santo Aloysius Palangka Raya mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan pemahaman yang lebih tentang herbarium serta menginspirasi untuk melakukan praktik herbarium di sekolah bersama siswa-siswanya. Para guru juga berharap bahwa kerja sama atau mengambil istilah ‘simbiosis mutualisme’ akan dapat terus berlangsung antara Biologi UPR dan MGMP Guru Biologi salah satunya dengan kegiatan pengabdian masyarakat seperti kali ini.

(Rahayu Opi Anggoro)