Sunday 28th of April 2024 06:33:23 PM
Cover Berita

Pelatihan Budidaya Sayuran Menggunakan Sistem Hidroponik Bagi Warga Kompleks Perumahan di Kota Palangka Raya

Prodi Biologi FMIPA UPR bekerja sama dengan warga kompleks perumahan Bromo Kota Palangka Raya mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan mengangkat tema “Pelatihan Budidaya Sayuran Menggunakan Sistem Hidroponik Bagi Warga Kompleks Perumahan Di Kota Palangka Raya ” pada hari Selasa tanggal 09 Mei 2023 bertempat di Kompleks Perumahan Bromo, Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Salah satu cara untuk menghasilkan produk sayuran yang berkualitas tinggi secara kontinyu dengan kuantitas yang tinggi per tanamannya adalah budidaya dengan sistem hidroponik. Budidaya tanaman dengan sistem hidroponik merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan masyarakat kota Palangka raya terhadap permasalah kondisi lahan yang kurang subur. Pengenalan sistem hidroponik pada budidaya tanaman sayuran masih terbatas dilakukan pada masyarakat. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan budidaya sayuran menggunakan sistem hidroponik. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat dan meningkatkan keterampilan peserta dalam melakukan budidaya menggunakan sistem hidroponik.

Pelatihan ini dihadiri oleh 10 orang mitra sasaran yang merupakan warga Perumahan Bromo, Jekan Raya. Jumlah peserta dibatasi karena mempertimbangkan kapasitas lahan hidroponik dan penerapan protokol kesehatan pasca pandemi Panitia acara terdiri dari 6 dosen dan 3 mahasiswa prodi Biologi FMIPA Universitas Palangka Raya. Acara terbagi menjadi beberapa kegiatan salah satunya adalah pemaparan materi tentang pengertian hidroponik, kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik, pembenihan, penanaman dan pemanenan sistem hidroponik yang disampaikan oleh Meyta Wulandari, S.Si., M.Sc. Setelah pemaparan materi, sesi diskusi dilakukan bersamaan dengan sesi mempraktikan cara penanaman hidroponik.

a

Gambar 1. Pemaparan Materi oleh Meyta Wulandari, S.Si., M.Sc.

   
v a

a

Gambar 2. Praktik penanaman menggunakan sistem hidroponik oleh peserta

 

Pada akhir acara beberapa peserta diberikan kesempatan untuk memberikan testimoni atas kegiatan yang terlaksana dan foto bersama. Peserta berharap kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan anggota masyarakat seperti ini dapat berlanjut dari tahun ke tahun untuk waktu yang lama karena dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak yang terlibat. Pelatihan budidaya menggunakan sistem hidroponik berjalan dengan baik, lancar, dan mitra sasaran mendapatkan peningkatan pemahaman teori dan keterampilan dalam pengetahuan akan budidaya tanaman/ sayuran dengan sistem hidroponik dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan. Mitra sasaran antusias untuk menerapkan materi yang didapatkan dalam budidaya sistem hidroponik di pekarangan rumah masing-masing.

(Defilia Anogra Riani)