Saturday 22nd of June 2024 04:28:13 PM
Cover Berita

Prodi Biologi FMIPA Universitas Palangka Raya Gelar Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Guru Biologi SMA terhadap Pediculus humanus capitis (pengenalan, identifikasi, dan pengendaliannya).

Prodi Biologi FMIPA Universitas Palangka Raya Gelar Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Guru Biologi SMA terhadap Pediculus humanus capitis (pengenalan, identifikasi, dan pengendaliannya).

Kegiatan ini adalah bentuk realisasi program Pemberdayaan Berbasis Masyarakat DRTPM hibah FMIPA Universitas Palangkaraya Tahun 2023. Sasaran kegiatan adalah guru-guru Biologi SMA/MA Se-Kota Palangka Raya di kota Palangka Raya.

Acara yang dilaksanaakan pada Senin, 21 Agustus 2023 di geding PPIG Universitas Palangka raya didukung oleh Dekan FMIPA  dan Prodi Biologi, Universitas Palangka Raya. Kegiatan ini diikuti oleh 14 guru biologi SMA kota Palangka Raya, yaitu SMAN 1 Palangka Raya, SMAN 2 Palangka Raya, SMAN 4 Palangka Raya, SMAN 5 Palangka Raya, SMAN 7 Palangka Raya, SMAK ST Aloysius, SMAS IT Hasanka Palangka Raya, SMAS PGRI 2 Palangka Raya dan SLBN 1 Palangka Raya.

 pediculus

Gambar 1. Prodi Biologi Gelar Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Guru Biologi SMA terhadapa Pediculus humanus capitis (pengenalan, identifikasi, dan pengendaliannya).

2

Gambar2. Pelatihan pembuatan preparat Kutu kepala (pengamatan morfologi & identifikasinya)

 

“Melalui program ini diharapakan guru-guru SMA Biologi mengimplemetasikan sebagai bentuk educasi saat mengajar di kelas dan dapat berperan mengendalikan serta menangani kasus Pediculosis di sekolah masing-masing. Harapan selanjutnya, edukasi tentang Pediculosis perlu dilakukan ke setiap jenjang sekolah karena kutu kepala (Pediculus humanus capitis) merupakan ektoparasit obligat yang menyebabkan gangguan kesehatan dan psikologi terutama pada anak-anak dan remaja. Penularannya melalui kontak fisik, yang lebih rentan terinfeksi kutu kepala yaitu anak-anak dan remaja. Sehingga, edukasi tentang kutu kepala ini penting dilakukan untuk merubah paradigma masyarakat bahwa kutu kepala adalah hal yang biasa dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan”.

Pada pelatihan ini guru-guru Biologi SMA diberikan keterampilan mengenai pengenalan, identifikasi, dan pengendalian Pediculus humanus capitis. Pemberian materi langsung diberikan oleh ibu Mirnawati Dewi, M.Si bidang ilmu Parasitologi dan Entomologi Kesehatan. Selain itu praktek langsung di damping oleh ibu Febri Nur Ngazizah, M.Si dan Fandi Tuju, M.Si. Pada kegiatan ini juga melibatkan para mahasiswa untuk melatih hard dan soft skill mereka langsung kepada masyarakat. Mahasiswa biologi yang andil dalam kegiatan ini sejumlah 3 mahasiswa angkatan 2022 yaitu Ni Wayan Adethasya Swastika, Canda Lorensa dan Billy Vernandes.

(Mirnawati Dewi)