Saturday 22nd of June 2024 05:12:44 PM

Kuliah Tamu Morfologi Tumbuhan

Kegiatan kuliah tamu Morfologi Tumbuhan dilakukan sesuai dengan perencanaan kegiatan. Kegiatan dimulai relatif tepat waktu yaitu pukul 08.34 WIB dan berjalan dengan lancar. Pemateri yaitu Arifin Dwipa Surya Irsyam, S.Si., M.Si hadir di kegiatan tepat waktu. Kegiatan dilakukan secara hybrid melalui zoom untuk pemateri dan peserta online, sedangkan mahasiswa Biologi angkatan 2023 berada di ruang 1 lantai 2 Gedung Merah Putih A, Universitas Palangka Raya. Peserta yang bergabung melalui online sebanyak 82 orang, dengan beberapa peserta dari luar Kampus UPR seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Siliwangi (UNSIL), UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Universitas Negeri Medan (UNIMED), UIN Alauddin Makassar, UIN Walisongo Semarang, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Nusa Cendana Kupang (UNDANA), STKIP Ahlussunnah Bukittinggi, UIN Jember, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Bakti Tunas Husada Tasik Malaya, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Samudera, Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Universitas Siliwangi (UNSIL), Universitas Borneo Tarakan (UBT), Universitas Lampung, UNIKA Atma Jaya, BRIN, Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, SMA Negeri 1 Palangka Raya, SMA Negeri 2 Palangka Raya, SMA Negeri 3 Palangkaraya, SMA Negeri 4 Palangkaraya, SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, SMAS Kristen Palangka Raya, dan MTs Al-Mujahidin. Peserta yang mengisi daftar hadir dan mendapatkan sertifikat kegiatan (Lampiran 1).

Pemateri menjelaskan mengenai alasan diangkatnya tema Ordo Malvales pada kuliah tamu kali ini karena ordo Malvales banyak tumbuh di Kalimantan. Terdapat 342 total genera yang terbagi dalam 10 famili dari ordo Malvales. Pemateri juga memaparkan ciri-ciri umum dari tumbuhan yang termasuk ke dalam ordo Malvales, seperti daunnya tersusun spiral dan memiliki pulvinus, memiliki trikoma berbentuk bintang, kulit batang berserat memanjang, bunganya memiliki stamen yang banyak, buah berbentuk drupa, but, capsule, bacca dan schizocarp.

Pada kuliah tamu ini pemateri menjelaskan beberapa famili dari Ordo Malvales seperti Dipterocarpaceae, Thymelaeceaea, Bixaceae, Muntingiaceae, Malvace Sensu Lato (sub famili dari Malvaceae). Pemateri menjelaskan karakteristik vegetatif dan generatif dari setiap anggota famili tersebut, serta dilengkapi dengan gambar sehingga mempermudah peserta kuliah tamu memahami apa yang disampaikan. Pemateri memberikan motivasi pada peserta kuliah tamu untuk “belajar dari hati” dalam mengenal tumbuhan yang ada di Kalimantan, mengingat pulau Kalimantan dikenal sebagai kawasan mega biodiversitas karena kaya akan keanekaragaman hayati yang sangat besar dan tingkat endemik yang tinggi. Masih banyak flora yang tumbuh di Kalimantan dan belum tereksplor.

Peserta kuliah tamu memberikan respon yang antusias ditandai dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada pemateri. Beberapa pertanyaan yang muncul adalah dari Tirsa Abti Fauziah (peserta umum dari STKIP Ahlussunnah Bukittinggi) tentang bagaimana cara mengenal tumbuhan karena pemateri sebelumnya memberikan pernyataan bahwa nama latin tidak perlu dihapal. Pertanyaan juga datang dari Guru Biologi SMA Ibu Nunung Yulia, S.Pd (peserta umum dari SMAN 4 Muara Teweh) mengenai bagaimana cara penyampaian yang paling mudah untuk siswa SMA dalam materi Plantae terkhususnya topik taksonomi tumbuhan. Pertanyaan juga datang dari Bapak Esron Manurung, M.Pd (peserta umum dari SMAN 4 Palangka Raya) yang merupakan lanjutan dari pertanyaan Bu Nunung, yaitu bagaimana terkait penulisan nama ilmiah beberapa tumbuhan yang harus dihapal siswa karena terkadang muncul dalam soal ujian. Pak Esron juga bertanya terkait keperadaan pohon kapur di Kalimantan dan mengapa disebut pohon kapur.

Kuliah tamu ini semakin menarik ketika pemateri juga mengajak peserta berinteraksi melalui tanya jawab selama pemaparan materi, seperti mengajukan pertanyaan terkait ciri-ciri yang dimiliki beberapa famili, mengapa pada famili Muntingiaceae bunganya menghadap ke atas, mengapa jumlah stamen pada famili Malvaceae jumlahnya banyak. Pertanyaan ini dijawab oleh beberapa peserta secara langsung, melalui kolom chat zoom dan juga dijawab oleh dua orang mahasiswa Biologi UPR 2023 An. Awalliyah Ayu Fitriyah dan Theresy Kezia Gerraldine.

1 2