Saturday 22nd of June 2024 04:57:10 PM
Cover Berita

Dosen Program Studi Biologi FMIPA Universitas Palangka Raya Menggelar Pelatihan Kepada Guru-Guru Biologi SMA se-Palangka Raya dalam meningkatkan Keterampilan Handling Hewan Coba dan Pembuatan Preparat Histologi Jaringan

Dosen Program Studi Biologi FMIPA UPR menggelar pelatihan kepada guru-guru Biologi SMA se-Palangka Raya dalam meningkatkan keterampilan handling hewan coba dan pembuatan preparat histologi jaringan. Kegiatan ini adalah bentuk realisasi Program Dosen Pendukung SDM Unggul hibah LPPM UPR Tahun 2023. Sasaran dari kegiatan ini adalah guru-guru Biologi SMA/MA se-Kota Palangka Raya di kota Palangka Raya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 07 November 2023 di ruang kelas lantai 3 dan Laboratorium lantai 2 PPIIG UPR dengan dukungan Dekan FMIPA dan Program Studi Biologi Universitas Palangka Raya. Tercatat ada 12 guru Biologi yang mengikuti kegiatan pelatihan ini yang merupakan perwakilan SMA/MA se-Kota Palangka Raya. Adapun SMA/MA yang mengirimkan perwakilan guru Biologi dalam pelatihan ini berjumlah 9 sekolah diantaranya SMA Negeri 1 Palangka Raya, SMA Negeri 2 Palangka Raya, SMA Negeri 3 Palangka Raya, SMA Negeri 4 Palangka Raya, SMA Negeri 5 Palangka Raya, SLB Negeri 1 Palangka Raya, SMAS IT HASANKA, SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, dan SMA PGRI 2 Palangka Raya.

1

Gambar 1. Pemaparan Materi mengenai Handling Hewan Coba dan Pembuatan Preparat Histologi Jaringan

 

2

Gambar 2 Pelatihan Handling Hewan Coba dan Pembuatan Preparat Histologi Jaringan di Laboratorium

Diharapkan melalui kegiatan pelatihan ini peserta kegiatan (dalam hal ini guru-guru Biologi SMA Palangka Raya) dapat mengimplementasikan hasil pelatihan ini sebagai bentuk pembelajaran di sekolah masing-masing. Pelatihan tidak berfokus pada teori melainkan praktik di Laboratorium, sehingga pelatihan ini akan sangat bermanfaat dalam pelaksanaan praktikum di Laboratorium. Seorang guru tidak hanya sekedar mampu dalam handling hewan coba, melainkan dituntut untuk terampil dalam melakukannya sehingga pelaksanaan praktikum bisa terlaksana dengan baik. Pelatihan handling hewan coba dan pembuatan preparat histologi jaringan ini dapat memberikan wawasan baru kepada guru-guru terutama dalam pembuatan preparat. Proses pembuatan preparat yang dimulai dari pembedahan hewan uji, fiksasi, infiltrasi, trimming, pemotongan dengan mikrotom, penempelan organ, pewarnaan, perekatan organ, sampai pada pengamatan dengan mikroskop. Pelatihan ini memberikan pengalaman kepada guru-guru untuk meningkatkan keterampilan handling hewan coba (dalam hal ini mencit) dan pembuatan preparat histologi jaringan dengan harapan dapat diterapkan guru-guru dalam praktikum di sekolah masing-masing.

Kegiatan ini dipandu oleh Fandi Tuju, S.Pd., M.Si. dari awal kegiatan sampai selesainya. Sebelum melaksanakan pelatihan, guru-guru mendapatkan materi mengenai handling hewan coba dan pembuatan preparat histologi jaringan dari Dr. Yohanes Edy Gunawan, M.Si. yang ahli di bidangnya. Praktik yang dilaksanakan di laboratorium dipimpin langsung oleh Meyta Wulandari, S.Si., M.Sc. yang juga dibantu oleh beberapa mahasiswa. Mahasiswa Biologi yang turut mengikuti kegiatan ini diantaranya Alika Ratna Maulida Isnaya, Herlina Wati, Anisa Rahma Fauziah, Xaverius Vowel Manalu, Wahyu Agave Tri Wani Sihombing, dan Muhamad Taufik Hidayat.

(Tim PkM Handling Hewan Coba dan Pembuatan Preparat Histologi Jaringan)